Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , » Mengenal Street Photography

Mengenal Street Photography

Do you want to share?

Do you like this story?

Zenith 404 - Mengenal Street Photography Hallo Guys udah beberapa tahun vakum gak nongol di blog nih akhirnya sempet juga karna sibuk kuliah dan kerja hadeeh --"


Dibalik kesibukan ini, gue juga punya hobi baru nih sesuai judul artikel yaitu street photography, pasti pada taulah simplenya street itu jalanan yah pasti langsung kepikir foto dijalanan :p, emang bener sih foto foto dijalanan jadi lebih ke Point of Interest (Subject)  ruang publik keliling kampung, pasar mana aja yang penting tempat umum bukan wc umum loh yah haha...

Tapi menurut gue Street Photography ini menarik, unik bro kita foto moment itu hanya bisa dilakuin sekali seumur hidup gakan bisa diulang, kalaupun bisa pasti beda hasilnya. Selain itu kita juga mengabadikan moment tempat yang kita foto dan belum tentu tahun depan tempat yang kita foto masih sama kaya skrg. Ini ada contoh foto sederhana saya dengan high angle.

Difoto oleh @arsrs, bandung 2016

Yah mungkin bagi sebagian orang awam berfikir ngapain sih foto2 gini, maksudnya apa kurang kerjaan banget. tapi kalo menurut orang yang udah ngerti dalam foto street itu ada unsur cerita dan makna yang kuat bro... lalu apakah harus begitu? Tidak juga, menurut gue street photography itu merekam kejadian diruang publik jadiselama objek itu menarik menurut pandangan ente yah jepret aja bro. Jangan takut dikritik/orang lain gasuka sama foto ente, Kalo kata temen gue nih yah "kalo menurut lo bagus mau kata orang apa yaudahlah foto2 lo yang penting lo seneng lo puas iyakan?" Simple sih tapi ngeselin haha. Di indonesia street photography masih berkembang belum terlalu banyak bro  masih kalah sama landscape (pemandangan) yang penggemarnya lumayan banyak.
tapi Keuntungan Street Photography itu banyak,
Mulai dari Lokasi foto dilakukan ditempat umum ruang publik (restoran, kereta api, jalanan, pasar, dll) gak ngehabisin ongkos banyak kok cuma modal kamera aja hp juga bisa asalkan niat.
Untuk Objek sendiri Street Photography itu lebih ke Orang/human yah tapi bisa jug benda bangunan arsitekturselama itu menarik yah silahkan.
Sedangkan sifatnya itu alami tidak ada rekayasa dan murni tidak ada tambahan atau pengurangan objek apapun didalamnya.

Bagaimana Tertarik?
Ini Tips saya sebelum memulainya
  1. Kuasai teknik2 dasar photography seperti komposisi framming, angle serta tidak kalah penting alat kamera yang digunakan.
  2. Coba perhatikan keadaan sekitar, Lihat dengan jeli tempat yang kita lalui/lewati akan menarik jika kita melihatnya dengan berbagai sudut pandang yg berbeda.
  3. Perhatikan privasi objek yang ingin difoto, cobalah untuk berinteraksi sosial untuk mendapat foto yang maksimal dan menghindari prasangka buruk objek foto sekaligus menghindari hal2 yang tidak di inginkan.
  4. Pemanfaatkan Cahaya dan Cuaca, pelajari arah cahaya matahari jika ingin menghasilkan foto bayangan flare yg menarik, cuaca jelekpun masih bisa foto dengan menghasilkan efek menarik yang berbeda, ini tergantung mood dan anda yg mengkreasikan.
  5. Mencoba motret di saat suasana hati kita berbeda-beda, galau sekalipun akan berbeda hasilnya :p
  6. Sabar menunggu moment. Perhatikan element jalanan di sekitar kita, misalkan: papan iklan, bayangan, sepeda, arsitektur bangunan, dll.
  7. Mencobalah untuk bereksperimen menemukan hal2 yg menarik untuk dicoba, cobalah melanggar peraturan fotografi misalkan foto-foto yang blur, foto gabut sekalipun dan masih banyak lagi.

Cukup sekian dulu ya, Saya sendiri masih tahap belajar dalam dunia photography mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan blog ini.
Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

I JUST WANT TO SHARE TO YOU ALL
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Zenith '404' - Yes we are still alive! di inbox anda:

 
Awell Eighteen
Zenith
Awell eighteen
Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, IT IS MY LIFE .. Selengkapnya →