Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » 6 Tips blogging penting bagi pemula

6 Tips blogging penting bagi pemula

Do you want to share?

Do you like this story?

Ditulis oleh Awell eighteen's
6 Tips blogging penting bagi pemula - tips blogging ini semoga berguna untuk anda khususnya bagi pemula Termasuk saya :)


Diantaranya :

1. Tentukan tujuan
Seperti halnya akan melakukan apa saja dalam kehidupan, anda pastinya harus menentukan tujuan. Begitu pula dengan ngeblog. Pastikan tujuan anda ngeblog. Anda bisa mendapatkan apa yang anda harapkan dari bogging jika anda tetapkan tujuan ngeblog dari saat anda memulainya. Apakah untuk menjual produk, sekedar having fun dan tempat menulis ide-ide, atau anda benar-benar ingin menjadi ahli di bidang blogging. Dalam tahap ini anda tentu saja juga telah menentukan topik blog anda.

2. Buatlah perencanaan sederhana
Sebuah perencanaan sederhana akan sangat membantu me-peta-kan tujuan anda. Tips blogging bagian ini kadang butuh sedikit kecermatan agar tujuan dapat benar-benar kita capai. Anda bisa memulai dengan catatan-catatan kecil yang mudah anda akses baik di hardisk komputer/laptop atau dalam kertas/buku agenda. Saya biasa merangkum semua file, perencanaan, info login email dll dalam satu file yang mudah diakses dan terhubung langsung baik ke file-file di hardisk maupun online. Termasuk alamat-alamat blog-blog favorit saya dan situs-situs web yang bisa menjadi referensi. Disini fungsi pengorganisasian data sangat dibutuhkan. Tapi jangan berpikir ini ribet, just take it easy. Anda bisa melakukannya sambil jalan, dan evaluasi setiap saat.

3. Kenali calon pembaca anda
Saat anda telah menentukan tujuan berikut topik blog, berarti anda sudah tahu siapa saja yang akan menjadi pengunjung / pembaca blog anda. Seperti halnya contoh dalam hal berjualan, jika akan berjualan baju muslim anak-anak, tentu saja calon pembeli kita adalah anak-anak, berikut orang tuanya hehe.. Dengan mengenali calon pengunjung blog kita, kita bisa mempersiapkan hal-hal yang sesuai dengan segmen mereka.

4. Konsistensi itu pasti
Tips blogging selanjutnya adalah konsistensi.Dan ini mungkin bagian yang agak sulit, Karena kita harus memelihara blog kita dengan mengupdate kontent / isi dengan artikel-artikel baru secara periodik, kalau bisa dibawah satu minggu sekali. Jadi 2 atau 3 hari sekali kita siapkan artikel baru. Jika anda kebetulan sedang doyan menulis pada suatu hari bisa menulis beberapa artikel sekaligus, simpan saja dulu dan tetap memposting artikel secara periodik. Karena memposting beberapa bahkan banyak artikel setiap hari tidak bagus bagi mbah google, ini pengalaman pribadi saya. Sehari saya upload lebih dari 2 artikel, akibatnya malah artikel-artikel tersebut lama terindex google. Berbeda dengan blog saya yang lain, tiap posting artikel, biasanya lebih cepat terindex.

5. Undanglah pembaca
Mengundang pembaca sama halnya dengan mendatangkan traffic ke blog kita. SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari seperti google. Namun jika kita belum memahami benar SEO, ada beberapa cara lain untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, diantaranya lewat facebook. Anda bisa mengajak teman-teman dekat datang ke blog anda dengan memberikan alamat blog anda. Akan lebih baik lagi jika anda membuat Facebook Page dan mengajak teman sebanyak-banyaknya untuk “Like” Facebook Page anda.

6. Meminta bantuan
Jangan ragu untuk meminta bantuan jika anda menghadapi kesulitan. Baik melalui teman, blogger yang sudah lebih paham atau bahkan masternya, atau anda bisa menanyakan kepada mbah Google apa yang anda tidak tahu dan ingin mengetahuinya. Banyak sekali ilmu tentang blogging yang bisa anda dapatkan melalui Google search.
smoga bermanfaat kawan :) 
rating 4.5

I JUST WANT TO SHARE TO YOU ALL
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Zenith '404' - Yes we are still alive! di inbox anda:

6komentar:

Unknown Berkata ...

Gitu Ya kak :D
Seng Penting tes Kepertamaxan Dulu

Unknown Berkata ...

thx atas sarannya

Unknown Berkata ...

thx atas sarannya

HidupHanyaSekali.com Berkata ...

satu lagi..
bangun relasi dengan blogger yang udah terkenal..

dengan begitu, ada banyak nilai plus yang bakal kita dapatkan.

Unknown Berkata ...

Tambah rajin-rajin promosi gan...
Udh ane follow gan... #129 follback yan... http://get-full.blogspot.com/

Unknown Berkata ...

Tambah rajin-rajin promosi gan...
Udh ane follow gan... #129 follback yan... http://get-full.blogspot.com/

Posting Komentar

 
Awell Eighteen
Zenith
Awell eighteen
Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, IT IS MY LIFE .. Selengkapnya →